Kyongbok Palace atau Gyeongbokgung Palace

Kyongbok PalaceIstana Kyongbok atau Istana Gyeongbokgung adalah salah satu dari Lima Istana Agung yang dibangun pada masa Dinasti Joseon. Dalam bahasa Inggris, namanya diterjemahkan menjadi “Istana yang Sangat Diberkati oleh Surga.” Struktur bangunannya telah terkenal di seluruh dunia karena ukurannya yang tipis dan arsitekturnya yang unik.

Sayangnya, tempat ini adalah salah satu situs sejarah yang mengalami kerusakan parah selama masa pendudukan Jepang. Sampai saat ini, upaya-upaya sedang dilakukan untuk mengembalikan keagungan istana itu seperti pada masa lampau. Meskipun rekonstruksi sedang berlangsung, tempat ini tetap menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di Korea Selatan.

Berikut ini adalah daftar dari beberapa informasi tentang Kyongbok Istana yang perlu Anda ketahui:

  • Struktur utama dibangun pada tahun 1394 oleh Raja Taejo – pendiri Dinasti Joseon yang terkenal. Sayangnya, selama akhir 1500-an, sebagian besar istana dibakar ketika tentara Jepang menyerang.
  • Setelah invasi Jepang, Daewongun mempelopori perbaikan, rekonstruksi dan perluasan pada tahun 1867. Ketika selesai, 330 bangunan dan 5.792 kamar membentuk sebuah istana.
  • Sebelum pembunuhan Ratu Myeongseong, istana ini adalah rumah dari keluarga kerajaan Korea. Pembunuhan itu meninggalkan trauma dan mendorong keluarga kerajaan untuk pindah ke salah satu istana kekaisaran lainnya.Saat ini istana dan bangunan terbuka untuk umum. Pengunjung sering mengunjunginya karena di dalamnya terdapat ‘National Folk Museum of Korea’ serta ‘National Museum of Korea’ hingga dipindahkan ke Yongsan-gu pada akhir tahun 2005.

Silakan klik di sini untuk melihat paket-paket tour, termasuk ke Kyongbok Palace.