Ayutthaya, Kota Elok Jangan Terlewatkan

ayutthaya2Ayutthaya, pada abad ke 16 dan 17 adalah ibukota Thailand dan kemudian berkembang menjadi pusat perdagangan penting di Asia sebuah kota yang megah yang dulunya adalah ibukota Thailand dan yang berkembang menjadi pusat perdagangan penting di Asia. Saat itu di Ayutthaya terdapat istana, pagoda, dan kuil-kuil yang berada di sebuah pulau yang indah karena terpotong oleh kanal dan sungai.

Pada tahun 1767, kota tersebut dijajah oleh Burma. Selama masa penjajahan Burma, kerajaan atau ibukota dipindahkan ke Bangkok pada tahun 1782. Setelah bertahun-tahun tidak lagi menjadi ibukota, perlahan-lahan banyak orang tertarik akan pesona Ayutthaya. Puncaknya setelah PBB menganugerahi Ayutthaya sebagai salah satu situs Warisan Dunia. Banyak bangungan unik menghiasi kota Ayutthaya : menara mewah membumbung tinggi (prangs), yang mengingatkan setiap orang terhadap Kamboja kuno bahkan mungkin bisa disamakan dengan arsitektur yang menakjubkan dari Angkor Wat. Stupa runcing membawa gaya Sukhothai.

Menariknya patung-patung Buddha di kuil-kuil Ayutthaya seperti memiliki senyum samar dan sikap pantang menyerah. Inuilah yang menyebabkan candi atau kuil tersebut terus menerus menarik kerumunan orang-orang yang ingin melihat Buddha yang terletak di dalamnya. Candi Ayutthaya telah benar-benar memikat pedagang, petualang, tentara bayaran, misionaris dan wisatawan saat itu.

Banyak orang telah membuktikan fakta bahwa candi di Ayutthaya adalah tempat yang sangat layak dikunjungi. Mereka akan sangat senang ketika mereka menginjakkan kaki di pekarangan kuil karena menikmati pemandangannya yang begitu indah. Beberapa tempat disana yang sangat layak dikunjungi adalah Wat Yai Chai Mongkhon yang menandakan kabar baik besar atau berkah serta pengampunan dan kemenangan atas musuh. Kemudian ada Phra Phuttha Chaiya Mongkhon adalah salah satu gambar Buddha yang paling suci yang dimiliki kota Ayutthaya. Ada juga kuil lainnya bernama Wat Phanan Choeng yang menandakan kemakmuran kerja dan bisnis yang lancar dan kuil ini  adalah salah satu kuil yang paling dihormati di Bangkok. Ada juga yang lainnya Wat Thammikkarat di sisi timur istana kerajaan kuno memiliki stupa yang dikelilingi oleh patung-patung singa. Dan masih banyak tempat lain disana yang sangat sayang bila dilewatkan.

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s