Hagia Sophia di Istanbul

HagiaSophiaHagia Sophia  terletak di Istanbul-Turki dan dikenal sebagai “Gereja Kebijaksanaan Suci”. Gereja ini sekarang berfungsi sebagai museum. Bangunan ini dibangun oleh Kaisar Byzantine, Justinian. Struktur Hagia Sophia yang berdiri saat ini sangat berbeda dari bangunan yang asli karena kerusuhan, gempa bumi dan renovasi. Ketika Hagia Sophia yang asli dihancurkan, ia dibangun kembali oleh Theodosius Agung. Dan kemudian dibakar dalam kerusuhan Nika pada tahun 532.

Pemulihan Hagia Sophia yang paling menonojol dilakukan oleh Abdulmecid II, yang dipanggil untuk memperbaiki kubah yang rusak, pilar dan eksterior. Pada tahun 1934, gereja itu diubah menjadi Museum Ayasofya oleh Presiden Turki Kemal Ataturk. Perubahannya melibatkan penghapusan sajadah, dan beberapa panel kaligrafi dipindahkan ke masjid lainnya. Hagia Sophia masih berdiri saat ini berkat United Nations Educational Scientific and Cultural Organization, yang telah mengambil tugas melestarikan situs dengan membersihkan dan memulihkan struktur besar.

Hagia Sophia adalah contoh yang bagus dari arsitektur Bizantium karena dibangun dengan mosaik, galeri dan pilar yang indah. Banyak lukisan mosaik yang mencerminkan budaya Bizantium dan keterampilan artistik masa lalu. Gereja ini memegang kepentingan dalam dunia Islam, Katolik Roma dan Ortodoks Timur.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.