Istana Topkapi

topkapipalaceIstana Topkapi terletak di Istanbul, Turki. Dan telah ada sejak empat abad terakhir, dari periode 1465 sampai 1853. Istana ini merupakan kediaman resmi para sultan Ottoman, yaitu sebagai tempat untuk acara resmi negara dan tempat hiburan. Tetapi sekarang Istana Topkapi merupakan daya tarik bagi wisatawan. Kata Topkapi secara harfiah berarti ‘istana gerbang meriam’.

Istana yang dibangun mulai tahun 1459 oleh Sultan Mehmed II ini memiliki empat halaman dan banyak bangunan kecil lainnya. Istana ini memiliki banyak kamar di dalamnya, dan merupakan kediaman hampir empat ribu orang. Namun hanya sebagian kecil saja yang dibuka untuk turis dan publik.

Istana Topkapi memiliki arsitektur Ottoman di seluruh bagiannya dengan lokasi yang besar dan luas untuk penempatan senjata, miniatur, perhiasan dll. Selama bertahun-tahun, istana ini telah mengalami banyak perubahan, ekspansi dan kehancuran akibat bencana alam seperti gempa bumi dan kebakaran. Dan selama abad ke-17, istana Topkapi diabaikan oleh Kesultanan, perhatian lebih penting diberikan kepada istana baru. Hanya beberapa fungsi masih digunakan di beberapa bagian istana, di antaranya menjadi perpustakaan, masjid, ruang harta imperial, dll.

Pada tahun 1924, istana itu diubah menjadi museum dan berada di bawah pengawasan langsung dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Pada tahun 1985, istana menjadi milik daerah bersejarah Istanbul dan menjadi bagian dari UNESCO, pusat World Heritage.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.