Mount Fuji – Gunung Tertinggi di Jepang

Mount FujiGunung Fuji yang terkenal sebagai gunung tertinggi di Jepang, berdiri pada ketinggian lebih dari 12.388 kaki (3.766 meter) di tengah-tengah area Honshu, Jepang.Gunung Fuji, gunung tertinggi dianggap sebagai salah satu dari “Tiga Gunung Suci”bersama dengan 2 lainnya Tate dan Haku. Gunung Fuji juga berfungsi sebagai perbatasan antara Shizuoka dan Yamanashi. Bentuknya yang kerucut banyak diabadikan di foto-foto; Gunung Fuji adalah sebuah tempat wisata yang luar biasa juga sebuah tempat berpetualang sambil berolah-raga dilakukan, seperti misalnya mendaki gunung.

Iklim di sana sangat dingin sehingga permukaan gunung tersebut diselimuti salju sepanjang tahun. Temperatur paling dinin bisa mencapai minus 38 derajat Celcius dan temperatur paling panas bisa mencapai 17,8 derajat Celcius. Dari Yokohama, Tokyo, tempat ini dapat terlihat selama musim panas. Nama Fuji-san sering pula disebut Fujiyama namun terbukti keliru dalam bahasa Jepang sehingga belakangan namanya menjadi populer sebagai Fuji.

Gunung Fuji diperkirakan ditemukan oleh seorang biksu pada tahun 663 AD. Karena dianggap tempat itu suci, kaum perempuan tidak boleh mendakinya hingga masa Meiji Era (tahun 1868 – 1912). Pada bulan September 1860, Sir Rutherford Alcock adalah orang pertama yang mendaki gunung itu; diperlukan waktu delapan jam untuk mendaki hingga ke puncak, tiga jam untuk turun. Juga, Lady Fanny Parks adalah perempuan pertama yang mendaki gunung itu pada tahun 1867. Tempat ini kemudian dikenal sebagai tempat berlatih para samurai. Sejak tahun 2006, perkemahan militer Jepang dan Amerika Serikat beroperasi di tempat ini.

Silakan klik di sini untuk melihat paket-paket tour, termasuk ke Gunung Fuji.