Otowa-san Kiyomizu-dera

Kiyomizu-deraKuil Kiyomizu juga terkenal dengan nama Kiyomizu-dera atau Otowa-san Kiyomizu-dera, adalah sebuah kuil Buddha yang independen dan terletak di bagian timur dari kota Kyoto. Arsitekturnya pertama kali dibentuk pada awal zaman Heian dan dipercayai pada tahun 778. Hal yang paling mengesankan dari konstruksi kuil ini adalah tidak satupun paku digunakan pada bangunan ini. Namanya diperoleh dari air terjun yang berada di bagian dalam kompleks ini, juga terkenal sebagai kuil air yang murni / bersih. Ruang utama dari kuil adalah sebuah ruangan yang luas dengan pilar-pilar yang tinggi sebagai pondasinya yang menjorok ke sisi bangunan memberikan pemandangan indah ke kota. Gaya ini memiliki beranda besar serta ruang utama pada desain kuil sehingga bisa mengakomodasi sejumlah besar peziarah di dalamnya.

Tepat di bawah ruang utama terdapat air terjun Otowa yang terkenal di mana tiga saluran air jatuh secara bersama-sama dalam satu kolam. Pengunjung kuil Kiyomizu dapat meminum air tersebut yang diyakini memiliki beberapa khasiat ajaib. Air ini juga dikatakan membawa umur panjang, kesehatan, dan kebijaksanaan bagi siapa pun yang meminumnya. Namun, kepercayaan kuno Jepang mengatakan bahwa secara moral hanya berhak untuk memilih hanya dua pilihan saja karena orang-orang yang serakah untuk mengambil tiga hadiah yang ditawarkan sekaligus hanya akan menghasilkan sial atas diri mereka sendiri.

Di dalam kompleks kuil Kiyomizu juga terdapat beberapa kuil lain seperti kuil Jishu yang dibangun untuk menghormati dewa cinta, Okuninushi. Ditemukan di dalam kuil adalah sepasang “batu cinta” yang terpasang ke tanah terpisah sejauh 18 meter. Pengunjung yang sedang mencari keberuntungan dalam hal cinta hanya dapat berjalan di antara dua batu itu dengan mata tertutup. Jika seseorang mampu mencapai batu lainnya, itu berarti bahwa ia akan segera menemukan cinta sejati.

Silakan klik di sini untuk informasi lebih lengkap.