Glorious City Fatehpur Sikri

Fatehpur SikriFatehpur Sikri adalah kota kerajaan yang terletak 40 km sebelah barat Agra, Uttar Pradesh, India bagian utara. Tempat ini terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO karena fitur-fitur yang unik dan merupakan salah satu tujuan utama di India. Kota ini menjabat sebagai ibukota Kekaisaran Mughal pada abad ke-15. Kota mulia ini direncanakan oleh Akbar, kaisar besar dinasti Mughal. Nama Fateh berasal dari bahasa Arab yang berarti “kemenangan” dan Sikri berarti “berkat Tuhan” dan kota ini menjadi terkenal ketika Akbar Agung menjadikannya sebagai kantor pusat dan membangun sebuah benteng megah. Tapi kota ini ditinggalkan karena kelangkaan air di kota.

Kota Fatehpur Sikri hanya 40 kilometer dari Agra yang juga terhubung dengan jalur udara yang menghubungkan semua kota penting dari India. Bahkan memiliki fasilitas transportasi yang baik melalui bus dan kereta juga bersama dengan menyewa taksi. Tempat ini buka dari matahari terbit sampai terbenam. Biaya masuk bervariasi bagi wisatawan dari berbagai negara dan untuk anak-anak di bawah umur benar-benar gratis.

Arsitektur Fatehpur Sikri memiliki karakteristik yang unik, terdiri dari gaya Indo-Muslim dan mungkin seseorang dapat merasakan aura bangunan-bangunan megah dengan mengunjungi tempat-tempat luar biasa semacam ini.

Silakan klik di sini untuk informasi lebih lengkap.