Jama Mosque / Masjid Jama

Masjid JamaMasjid Jama terletak di Delhi (ibukota India). Masjid Jama adalah yang terbesar di Asia. Pembangunannya diperintahkan oleh Kaisar Shah Jahan pada tahun 1656, yang juga merupakan tahun yang sama ketika Taj mahal dibangun (salah satu dari tujuh keajaiban dunia). Halaman Masjid Jama dapat ditempati setidaknya dua puluh lima ribu orang. Fitur unik dari Masjid Jama adalah Al Quran yang ditulis pada kulit rusa itu.

Sekitar 5.000 pekerja yang terlibat dalam pembangunan Masjid Jama, membutuhkan waktu sekitar enam tahun. Biaya yang dihabiskan dalam pembangunan pada masa itu sekitar 10 juta rupee dalam perekonomian saat ini.

Masjid ini memiliki tujuh kubah yang masing-masing memiliki sebuah menara di tengahnya. Selain itu, terdapat ruang di mana doa-doa dituliskan, panjang lorongnya sekitar 61 meter, di mana ada 11 pintu masuk ke ruang doa. Masjid ini memiliki dua menara besar yang sekitar 41 meter, dan ada 130 langkah dibangun dengan batu merah dan marmer. Selain itu ada empat menara kecil ke sisi belakang masjid.

Ada beberapa cara yang berbeda untuk mencapai halaman masjid, yang meliputi utara, selatan, timur dan arah yang berisi langkah-langkah yang dibangun dari batu merah. Ada 39 langkah dari gerbang utara, 33 langkah dari gerbang selatan dan 35 langkah dari pintu gerbang timur yang merupakan pintu masuk utama ke masjid. Pada malam hari, langkah-langkah dari masjid diubah menjadi warung, kios-kios buku dan tempat-tempat makan. Sisi barat masjid diubah menjadi tempat berjualan daging unggas di mana banyak orang berjualan dagingnya. Di bagian selatannya dijual buku-buku.

Silakan klik di sini untuk informasi lebih lengkap.