Taj Mahal – Tujuh Keajaiban Dunia

Taj MahalTaj Mahal adalah sebuah makam yang terletak di Agra, India. Dibangun oleh raja Mughal, Shah Jahan untuk mengenai istrinya terkasih, Permaisuri Mumtaz Mahal. Taj Mahal merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang merupakan karya seni arsitektur Mughal terbaik. Arsitekturnya merupakan perpaduan antara pengaruh Persia, Ottoman, India dan Islam. Ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1983.

Beberapa legenda mengatakan bahwa setelah Taj Mahal dibangun, Kerajaan Mughal memotong kedua tangan semua pekerjanya sehingga tidak bisa menghasilkan mahakarya yang sama lagi. Taj Mahal terletak di tepi sungai Yamuna di Agra. Dibangun pada tahun 1631 dan selesai pada tahun 1653 di atas tanah seluas 32 acre atau kira-kira sama dengan 130.000 meter persegi.

Taj Mahal juga dikenal sebagai Taj merupakan simbol cinta yang dapat dilihat dari keindahannya yang monumental. Monumen ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di India. Keindahan Taj melebihi kata-kata dan dikatakan tempat ini tampak luar biasa pada saat bulan purnama. Kata Taj Mahal berarti Istana Mahkota atau Crown Palace dalam bahasa Inggris di mana terbuat dari marmer putih dan batu permata berwarna-warni.

Silakan klik di sini untuk informasi lebih lengkap.