Hawa Mahal Palace (Istana Angin)

Hawa Mahal PalaceHawa Mahal Palace terletak di kota Jaipur (ibu kota negara Rajasthan), India.
Maharaja Sawai Pratap Singh membangun Istana Hawa Mahal pada tahun 1799; Lal Chand Usta mendesain istana dalam bentuk mahkota Dewa Krishna. Istana Hawa Mahal adalah bagian dari Royal Palace termasuk bilik-bilik untuk para wanita. Istana Hawa Mahal dibangun untuk meneliti kehidupan sehari-hari wanita-wanita kerajaan.

Istana Hawa Mahal (Istana Angin) terdiri dari lima lantai, yang dibangun dari batu pasir merah muda dan merah tua serta kapur putih. Istana Hawa Mahal memiliki 953 jendela, yang menghadap ke arah jalan di luar istana. Sejumlah besar angin bersirkulasi melalui jendela-jendela ini bahkan di musim panas, karena alasan tersebut maka dinamakan Hawa (angin) Mahal. Istana ini dicat dengan warna merah muda oker, yang juga dikenal sebagai warna kemurahan hati.

Istana ini berisi sebuah bangunan berlantai dua pada seluruh tiga sisi dan tiga lantai lainnya di divisi timur istana. Tidak ada anak tangga untuk mencapai istana, satu-satunya cara agar istana dapat dicapai adalah melalui jalan yang melandai.

Pada masa kini, Hawa Mahal telah menjadi tempat wisata yang terkenal dan merupakan salah satu pemandangan yang spektakuler di Jaipur. Seluruh kota Jaipur dapat dilihat dari istana. Istana Hawa Mahal telah menjadi tempat yang bagus untuk syuting beberapa film India dan internasional.

Silahkan klik di sini, untuk info lebih jelas mengenai paket tour India.