Kuil Angkor Wat / Angkor Wat Temple

Angkor WatDibangun pada awal tahun 1100 oleh Raja Khmer Suryavarman II, kuil-kuil di Angkor melambangkan pencapaian yg mutakhir di bidang arsitektur dalam relasinya terhadap waktu. Kuil ini awalnya didedikasikan untuk Tuhan umat Hindu, yaitu Wishnu namun belakangan menjadi situs bagi penganut Buddha. Dewasa ini, situs ini adalah tujuan utama wisata yang mampu menyedot hingga 600 ribu wisatawan dari mancanegara setiap tahunnya. Upaya untuk melestarikan serta memugar situs ini telah berlangsung sejak tahun 1980 dan melibatkan beberapa negara termasuk di antaranya Amerika Serikat, Perancis, Jerman dan Jepang.

Banyak teori simpang siur mengenai tujuan utama dari kuil tersebut. Tidak seperti halnya kuil-kuil lain di daerah itu, pintu masuk utama Angkor Wat menghadap ke barat. Hal ini membuat beberapa ahli sejarah percaya bahwa kuil tersebut awalnya dibangun sebagai tempat pemakaman Raja Suryavarman II. Namun alasan lain menyebutkan bahwa kuil itu menghadap ke Barat karena dewa Wishnu berhubungan dengan arah tersebut. Tidak peduli apapun alasannya, diyakini bahwa Angkor Wat pernah menjadi kota terbesar di dunia yang merupakan perpaduan antara sekularisme dan spiritualisme.

Angkor Wat dibangun pada awal tahun 1100 oleh Suryavarman II selama kurang lebih 30 tahun. Untuk memuja dewa Wishnu dan reruntuhannya merupakan lambang dari kebudayaan Hindu. Kuil ini terletak kira-kira 4 mil sebelah Selatan Siem Reap dan sebelah selatan Angkor Thorn, satu-satunya pintu masuk ada di sisi barat.

Angkor Wat merupakan situs religius terbesar di dunia yang mencakup area seluas 500 acre atau 2.023.428.2 m2. Kelima dindingnya melambangkan rangkaian pegunungan dan juga lautan.

Silakan klik di sini untuk melihat paket-paket tour, termasuk ke Angkor Wat